Sunday, March 15, 2009

laper nih gw...

secara gw lg stuck ngegambar...
mau nulis bbrp kisah idup 3 orang yg gw liat pas di indo kemaren...
tadi mau gw tulis abis gw nyampe di melbern lg, tp apa daya... males

jadi ceritanya toko maenan tegallega bulan febuari kemaren lg kurang orang karena ada 1 pegawai diberhentiin dan 1 pegawai keluar. Jadi, gw yg biasa berleha2 di ruma, makan, nonton tipi, berlatih silat disuru bantu di toko... jadilah gw ga bisa kemana2.... Di toko jadi pelayan toko, kuli angkut, kasir, sopir pribadi sang ayah (kalo lg ke bank, jadilah satpam juga).

Sebulan kerja di toko ini, gw ketemu dan melihat banyak orang...
ada orang2 yg tau masa kecil gw yg kalo ketemu bakal ngomong, "ini teh neng ipan?? udah gede ya..."
ada juga orang2 yg baru gw kenal macam anaknya pabrik balon yg lg nawarin balon2nya...
ada kuli angkut yg kerjaannya ngomel mulu...
ada petugas pajak yg nagih pajak (ya iya dong, masa maen bombom car...)

ada juga 1 om-om yg tiap ari pake kemeja yg sama ampe kumel...
naek motor honda tua yg udah butut, tiap ari dia beli 2 ato 3 bungkus sarung tangan karet...
kata si mamah, anaknya pernah ngomong ke dia, "pah, koq motor papah butut banget, orang laen bisa punya motor bagus..."
gile, harusnya gw bersyukur bgt...
walau bukan punya sendiri, gw masi dikasi pinjem motor suprax buat dulu sekolah, sekarang kalo lg di indo jg dikasi pinjem mobil...
kalo ujan ga keujanan, kalo panas ga kepanasan, kalo gatel digaruk...

trus ada juga om S yg juga pendoa di gereja...
dia cuman pemasok kerupuk kecil2an... jadi yaaaa penghasilan jg ga seberapa...
kali2 dia suka bantu2 di toko...
trus ikut makan siang bareng bokap...
kalo lg makan bareng bokap wuih, banyaknyaaaa...
gw si ga komplain... (kasian kalee), yg komplain pembantu... kudu masak nasi lagi karena abis dalam sekejap...
ga tiap hari dia bisa makan ampe kenyang...
gile, harusnya gw bersyukur bgt...
mau makan 10 kali sehari ampe kekenyangan ngga masalah...
paling bermasalah diomelin waktu nelpon indo minta duit...

yg 1 lg gw ngga pernah ketemu di toko... ato mungkin gw ngga notice ajah...
waktu itu hari minggu...
ama si mamah naek mobil 2an ke gereja...
pas ngelewatin lapangan tegalega, dimana sejuta umat berolahraga...
banyak orang dagang memanfaatkan keramaian...
ada 1 anak remaja, mungkin 13-15taun...
bawa gerobak dengan balon2 helium menggantung...
si mamah bilang kalo tuh anak langganan beli balon...
dari masih kecil bgt...
trus lulus sd, putus sekolah jadi pedagang balon full time buat ngebiayain adek2nya sekolah...
gile, harusnya gw bersukur bgt...
masi bisa kuliah...
ampe ke singapur melbern...
ga perlu ngebiayain dede sekolah pula, malah dia bisa ngebiayain sendiri...

ya suuu, kembali research dan menggambar...

1 comment:

khekhe said...

Praise God for what He has done for us! G jadi terharu juga..