Thursday, July 3, 2008

yamien manis bandung vietnam singapore

tiba2 gw jadi kangen..
kangen sama makanan paporit gw sepanjang waktu...
yg kebetulan berasal dari bandung...

kangen baso tahu sama yamien manis...
ampe td pagi jam 2am sebelom tidur, kelejar ludah gw over produksi gara2 ngiler ngebayangin baso tahu ama yamien.

jaman gw 15taun idup di bandung...
bokap gw yg begitu perhatian dan kasian sama anaknya yg kurus kurang gizi ini, dgn gigih membelikan baso tahu kesenangan si ivan ampir setiap hari, sambil mengharapkan berat badan anaknya naik barang sedikit sajah... tapi apa daya... harapan itu belom pernah kesampean...
Pagi2, dia beliin di tempat dia lari pagi di lapangan tegallega...
Malem2, klo dia ada kehidupan malam seperti FA atow pelayanan kematian, juga akan membawa baso tahu buat gw...
kalo orang laen, menyebut baso tahu ini sebagai siomay bandung... walau begitu, gw akan tetap setia menyebutnya sebagai baso tahu...

nah, kalo yamien manis...
setiap kali gw bantuion di toko, pasti ivan akan minta dibeliin yamien manis... harus...
kalo yg ini mungkin ngga tiap hari, cuman seminggu beberapa kali, huahahaha...

akhirnya ivan memutuskan untuk membuat yamien manis...
melihat resep dr tante dari abudabi ini...
ivanpun berjuang di dapur...

ivan menguliti 3 paha ayam...
ivan melepaskan daging ayam dari dari tulangnya... (laen kali mending beli yg ga ada tulang deh, huhu)
ivan memotong dagingnyanya kecil2...

trus...
ivan ambil tulang2 yg sudah didagingi itu...
ivan lempar tuh tulang ke panci, trus kasih aer, kasi garem ama merica...
dan so pasti... nyalakan api...

lalu ivan menggoreng kulit ayam bersama bawang putih pake olive oil...
minyakpun berloncatan ke tangan gw yg mulus ini (aaarghh...)
yg ngga kena tangan gw, minyak menghujani lantai... (jd harus ngepel deh, huhuhu)
ampe kering semua lalu disaringlah campuran wangi itu buat diambil minyaknya... (beneran, baunya enak...)

buat topping di atas mie, tante abudabi berkata kita harus membuat yg namanya ayam jamur...
dan ivanpun menggoreng bawang putih sampe sedikit kecoklatan...
lemparkan ayam yg udah dipotong kecil2... (harus dilempar... biar kaya koki professional, hihihi)
aduk aduk aduk aduk...
masukin jamur... (gw gatau jamur yg gw pake, tp yg pasti, menurut tulisan di kalengnya yg gw masukin emang jamur)
masukin oyster sauce ama kecap manis dan asin...

lalu chatting dl ama felix ttg kegiatan weekend ini berkunjung ke dandengnong buat beli jaket 12$, huahahaha... buat menghadapi winter yg ganas ini...

yeah...
memasakpun dilanjutkan...
kaldu ayampun harusnya sudah jadi...
ivan masukin baso sapi vietnam 3 butir ke panci berisi tulang rebus...

di mangkok putih... (kalo bisa yg gambarnya ayam, biar berasa di indo banget...)
ivan masukin minyak kulit ayam yg td dibikin...
kecap manis dan sedikit kecap asin...

lalu ivan mencemplungkan mie singapore ke dalam panci yg berisi baso dan tulang ayam. (di supermarket... inilah mie yg paling mendekati mie yg biasa dipake ama tukang yamien seperti mie naripan atow mie akong...)
direbus sebentar sajah...
ivanpun bertingkah seperti pasukan baywatch menyelamatkan mie2 itu dari dalam panci dengan hanya bersenjatakan sebuah garpu dan menaruh mie2 yg berhasil diselamatkan di mangkok putih...
dan sudah pasti... aduk2 mienya biar kecap dan minyak merata...

terakhir...
ivan juga menyelamatkan baso dari panci jua...
dan ivan menambahkan ayam jamur ke atas mie...
dan inilah hasilnyamasih jauh dari sempurna...
rasanya jauh dari yamien manis yg di bandung... huhuhu... masih kangen jadinya...

3 comments:

Anonymous said...

keliatannya makanan kesukaan kamu memang enak ni.. sekalian buka usaha makana aja biar puas.... Setuju kan?

Jenita Darmento said...

ivannnnnnnnnnnnnnnn.. gw kangen ma naripannn..!!!! aahuahua.. yamien manis paling ciamikk.. hahahahaha

ivan said...

buat si go mbak...
saya masi kebanyakan mimpi belom kesampean, jadi tampaknya ngga bisa bikin restoran dulu deh, hihihi...
belajar masak cuman buat memberikan dinner romantis buat pacar sayah kelak... bwahahahahaha...

buat jend... iya jend, gw jg kangen... lu tinggal 2jam jaraknya dari sono, mampirlah, lalu ceritakan kembali kenikmatan itu pada aa... hihihi